nuffnang ads

Monday 14 September 2020

MUD KITCHEN: Manfaat Untuk Anak

KEUNTUNGAN MUD KITCHEN

Mud Kitchen yang dalam bahasa kita berarti dapur-lumpur. Merupakan sebuah istilah barat untuk tempat bermain masak-masakan dengan campuran air, pasir, tanah, lumpur, dan segala benda yang ditemukan di luar rumah.
 


Kenapa harus mud tidak bisakah menggunakan bahan yang bersih. Oh, tentu bisa. Tapi tujuan menciptakan area untuk mud-kitchen ini sebagai pemberitahuan kepada anak bahwa "Bahan permainan kalian tidak dibatasi"
(Kecuali berbahaya).


Kalau ditanya apa sih untungnya bermain masak-masakan pakai lumpur dan pasir segala. Kenapa permainan ini sangat penting di dalam dunia kanak-kanak bahkan hampir selalu ada di sekolah-dekolah dan day-care di negara maju. 

1. Mud play is considering sensory activity. Dari menyentuh, mengeruk, mengaduk, memeras pasir atau lumpur. Anak merasakan sensasi yang menstimulasi syaraf otak.


2. Imajinasi dan kreativitas. Dalam proses bermain, anak akan menciptakan sebuah skenario *imajinasi (secara mandiri maupun berkelompok) yang kemudian akan dilanjutkan dengan proses pembuatan sesuatu *creativity.

3. Berinteraksi dengan alam sekitar. Karena bermain kotor selalu nya dilakukan di luar rumah, anak akan berinteraksi dengan alam sekitar. Menggunakan tumbuhan , batu, kayu dan bahan alam disekitarnya sebagai permainan.


4. Komunikasi dan kemampuan berbahasa. Di dalam permainan masak-masak selalu terjadi sebuah percakapan tentang apa yang sedang mereka lakukan dan ciptakan. Either dengan teman ataupun dengan diri sendiri.


5. Good mental health yang di dapat dari kebebasan bermain ,  kebebasan untuk menjadi seorang anak dan mengeksplorasi persekitaran.

*next post akan membahas betapa simpel nya membuat mud kitchen tanpa harus mengeluarkan modal atau mencari tempat khusus.


No comments: